Mahasiswa Magister KPI Sosialisasikan Etika Media Sosial di Pesantren Az-Zaitunah Medan.

Medan, 2 Juli 2024 – Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan kegiatan sosialisasi pengabdian masyarakat di Pesantren Az-Zaitunah, Jl. Tangkul 1 No. 37, Kel. Sidorejo, Kec. Medan Tembung, Sumatera Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Magister KPI, Dr. Rubino, MA, serta Direktur Pesantren Az-Zaitunah, Bapak Muhammad Nasir Ritonga, Lc. Anak-anak pesantren Az-Zaitunah turut berpartisipasi aktif dalam acara yang mengangkat tema “Membangun Etika Komunikasi di Media Sosial Berdasarkan Perspektif Alquran.”

Pemateri utama dalam kegiatan ini adalah Salman, S.Sos, dan Darul Arifin, S.Sos, yang memberikan paparan mendalam mengenai pentingnya etika dalam berkomunikasi di media sosial. Mereka menekankan bagaimana perspektif Alquran dapat menjadi panduan bagi generasi muda dalam menggunakan media sosial dengan bijak dan beretika.

Dr. Rubino, MA, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta dan pentingnya kegiatan ini dalam membentuk karakter dan etika generasi muda dalam berkomunikasi. “Etika komunikasi di media sosial sangat penting untuk diperhatikan, terutama di era digital seperti sekarang ini. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak pesantren dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai Alquran dalam setiap interaksi di media sosial,” ujarnya.

Bapak Muhammad Nasir Ritonga, Lc, juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap kerjasama antara UIN Sumatera Utara dan Pesantren Az-Zaitunah dapat terus terjalin untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat lainnya di masa mendatang.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, dimana peserta aktif bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai aspek etika komunikasi di media sosial. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membentuk perilaku beretika dalam berkomunikasi di dunia digital.4o