Upaya-upaya yang dilakukan oleh bagian pengelolaan dan pengembangan DOSEN di perguruan tinggi sering dianggap kurang tepat dengan kebutuhan organisasi, untuk itu dibutuhkan suatu strategi maupun metode yang tepat karena setiap DOSEN yang berada dalam lingkup perguruan tinggi memiliki kemampuan dan keahlian dibidangnya masing-masing.
Idealnya kemampuan dan keahlian itu harus terus diasah dan dikembangkan oleh perguruan tinggi dari waktu ke waktu, agar dosen sebagai pilar perguruan tinggi selalu memiliki keunggulan kompetitif dan
kualitas demi tercapainya tujuan perguruan tinggi.

Peningkatan kualitas dosen di perguruan tinggi dapat dilakukan dengan
berbagai metode dan cara, diantaranya dengan memberikan program pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan, memperbaiki metode dan strategi pengembangan dosen melalui pemenuhan kompetensi sesuai bidangnya yang dilandasi pengetahuan, keterampilan dan budaya kerja yang positif, atau dengan mengirimkan karyawan ke berbagai perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun di luar negeri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi maupun untuk mendapatkan keahlian khusus yang diperlukan perguruan tinggi,
untuk itu setiap instansi maupun perguruan tinggi diharapkan mampu memilih cara atau metode yang tepat agar tidak terjadi pemborosan waktu dan biaya

Berikut lampiran SK Dosen